Bagi kalian para pengguna smartphone, tentunya sudah nggak asing lagi dengan aplikasi kirim pesan yang satu ini. Ya, tak lain adalah whatsapp yang merupakan aplikasi kirim pesan yang paling populer di dunia, bahkan penggunanya sudah mencapai 1 miliar lebih yang aktif. Hal ini dikarenakan tampilannya yang simpel, ringan, dan mudah digunakan, sehingga membuat para pengguna whats app semakin betah dengan aplikasi ini.

Seiring berkembangnya jaman, berkembang pula teknologi di era kita ini. salah satunya adalah aplikasi android yang mulai berkembang dan salah satunya adalah aplikasi whats app yang mulai berinovasi dalam menciptakan beberapa fitur baru. Ditambah lagi, whats app selalu mendengarkan dan merespon tanggapan dari penggunanya demi memajukan perkembangan teknologi pada aplikasi ciptaannya.

Sebagai salah satu aplikasi kirim pesan yang sangat populer, whatsapp telah berinovasi dengan memunculkan berbagai fitur baru yang semakin memudahkan pengguna dalam berkomunikasi. Walaupun sebenarnya masih banyak pengguna whats app yang masih belum mengetahuinya. Karena, pada dasarnya, kepopuleran whats app ini, tidak membuat pemilik whats app sesumbar dan tenang-tenang saja. Mereka selalu memunculkan berbagai inovasi baru yang dapat menyaingi dunia pasar teknologi yang semakin berkembang pesat.

Setelah proses akuisisi WhatsApp oleh facebook, aplikasi kirim pesan ini telah mengalami banyak perubahan. Salah satunya adalah tiadanya biaya tahunan pada aplikasi ini. Bahkan perubahan-perubahan tersebut membuat pengguna sangat terkejut dengan kehadiran berbagai fitur baru di dalam whats app. Walaupun sebenarnya masih banyak pengguna yang mengeluh dan mengkritik bahwa tampilan whats app menjadi tidak sesimpel seperti yang dulu.

Bisa dikatakan bahwa aplikasi whatsapp merupakan aplikasi wajib bagi para pengguna smartphone. Karena kegunaannya dan kemudahannya dalam menggunakannya. Tentunya WhatsApp selalu memanjakan penggunanya dengan beragam fitur baru. Ingin mengetahui fitur-fitur baru dalam whats app apa saja? Simak terus artikel kali ini.

FILE PHOTO: A man poses with a smartphone in front of displayed Whatsapp logo in this illustration September 14, 2017. REUTERS/Dado Ruvic/File Photo

Menghapus Pesan Terkirim

Fitur baru yang pertama adalah menghapus pesan yang sudah terkirim. Jadi, jika ada pengguna yang salah kirim atau tanpa sadar mengirim pesan yang salah, dia bisa langsung menghapus pesan tersebut, tanpa diketahui oleh penerima pesan. Perlu diketahui juga, kalau fitur ini bisa dilakukan 1 jam setelah kita mengirim pesan. Jadi, kalau belum satu jam, kita masih bebas dan aman untuk menghapus pesan yang sudah kirim tadi.

Berbeda dengan yang dulu, bahwa pesan terkirim pada aplikasi whats app ini hanya bisa dihapus dengan selang waktu 7 menit saja, tapi kini, durasinya lebih lama lagi yaitu 1 jam setelah kirim pesan.

Filter Foto

Seperti halnya pada aplikasi media sosial lainnya seperti instagram, facebook, line, dan lain sebagainya, yang mana bisa membubuhi filter dan hiasan pada foto sebelum diposting. Biasanya kita hanya bisa kirim foto apa adanya melalui whatsapp. Nah, kali ini ada fitur baru di mana kita bisa memberikan beberapa filter atau hiasan pada foto kita untuk dikirim. Jadi, pengguna whats app bisa berkreasi dengan fitur ini sebelum foto tersebut dikirim ke penerima pesan.

Live Location

Satu fitur baru ini merupakan fitur baru milik whats app yang sempat bikin pengguna smartphone heboh. Fitur tersebut adalah fitur live location, di mana kita bisa mengetahui lokasi teman kita ada di mana cukup dengan menggunakan nomor hp dan nomor hp tersebut  telah mengaktifkan GPS nya. Namun, tak lama setelah fitur ini muncul, bahwa fitur ini telah dihapuskan oleh perusahaan whats app. Hal ini dikarenakan bisa merusak privasi orang dalam mengetahui keberadaan dia di mana.

Kirim Foto Tanpa Mengurangi Kualitas

Banyak pengguna whatsapp yang mengeluhkan bahwa mengirim foto melalui whats app bisa menurunkan resolusi pada foto. Namun kini, berkat adanya fitur baru pada whats app, kita tak perlu khawatir lagi soal resolusi yang otomatis berkurang saat mengirim foto melalui whats app.

Jadi, cara kirim foto tanpa mengurangi resolusi, kamu jangan klik pada tombol ‘kirim gambar’ melainkan klik tombol ‘file document’. Dengan begitu, maka foto yang kamu kirim tidak akan berubah alias berkurang resolusinya.

Selain beberapa fitur baru di atas, whatsapp juga memiliki banyak fungsi selain fungsi kirim pesan atau chatting. Di antaranya adalah untuk menjaga privasi, mengurangi kapasitas data, dan lain sebagainya. Untuk itu, walaupun tampilan whats app sedikit ribet sekarang, setidaknya aplikasi ini masih sangat berguna bagi kita, khususnya kita yang hidup sebagai manusia sosial.

Tentunya, untuk menikmati berbagai fitur baru yang dimiliki whatsapp, kamu harus melakukan update terlebih dahulu pada whats app kamu ke versi yang terbaru melalui Google Play Store. Bagaimana? Sudah nggak kepo kan dengan fitur-fitur baru pada whats app?o