5 cara meningkatkan kinerja android

Maraknya pengguna smartphone android mendorong produsen smartphone android berlomba-lomba memproduksi android dengan berbagai macam features memiliki keunggulan yang tinggi. Namun, semakin tinggi features yang dimiliki android seringkali digunakan untuk berbagai macam aplikasi sehingga menyebabkan kinerja android melemah.

Kinerja android yang melemah akan membuat pemiliknya merasa kesal. Hal tersebut sangat berbeda saat pertama kali dibeli yang mana kinerja android lancar dan normal. Namun, setelah beberapa lama pemakaian kinerja Android Anda akan berkurang bahkan bisa jadi melemah.

Jika kinerja android Anda melemah, Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak berlangsung lama. Anda dapat memperbaikinya dan meningkatkan kinerja android Anda seperti dalam kondisi baru beli, bagaimana caranya meningkatkan kinerja android? Simak penejelasan berikut ini.

[tie_index]Menonaktifkan Aplikasi Android yang Tidak Digunakan[/tie_index]

Menonaktifkan Aplikasi Android yang Tidak Digunakan

Seringkali pemilik android menginstal berbagai macam aplikasi di androidnya, hal ini menyebabkan kinerja android melemah karena terlalu banyak aplikasi yang digunakan. Nah, jalan terbaik untuk meningkatkan kinerja android adalah dengan cara menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan atau jika perlu menghapusnya agar android tidak terbebani dengan banyaknya aplikasi.

Terlalu banyak aplikasi di android Anda menyebabkan memori android termakan sehingga kinerja android menjadi lelet. Oleh karenanya, Anda harus menonaktifkan aplikasi dengan cara sebagai berikut.

  • Masuk ke setting (pengaturan) di android Anda lalu lihat menu apps. Cari aplikasi yang tidak digunakan dan klik nonaktif atau disable. Hal tersebut untuk menonaktifkan aplikasi.
    meningkatkan kinerja android
  • Jika Anda ingin menghapus aplikasi, masuk ke setting > apps cari aplikasi yang ingin dihapus lalu klik uninstall.

    Meningkatkan kinerja android

[tie_index]Rajin Membersihkan Cache di Android[/tie_index]

Rajin Membersihkan Cache di Android

Pemakaian aplikasi di android menyebabkan android menyimpan banyak data cache akibatnya kinerja android jadi menurun bahkan lelet atau tidak bisa dipakai. Hal tersebut dikarenakan data cache yang menumpuk di memori android. Namun, menghadapi situasi seperti itu Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat membersihkan data cache yang menumpuk di android dengan cara cek setting > apps lalu tekan clear cache. Cache dalam android Anda akan terhapus dan kinerja android Anda normal kembali.

Cara tersebut ampuh digunakan, namun jika OS android Anda adalah Marshmallow, Anda dapat cek setting>storage lalu tekan clear cache, mudah bukan? Namun perlu Anda tahu, setiap ponsel memiliki cara yang sama untuk melakukan clear cache tetapi terdapat perbedaan di posisi setting clear cache-nya. Jika di android Anda tidak memiliki clear cache bawaan android, Anda dapat menginstal aplikasi clean master.

[tie_index]Rajin Melakukan Up Date OS Terbaru[/tie_index]

Rajin Melakukan Up Date OS Terbaru

Rajin melakukan up date OS terbaru dinilai dapat meningkatkan kinerja android karena dengan melakukan up date ini, android Anda melakukan pembaharuan kinerja. Untuk melakukan up date ini, Anda dapat menuju ke pengaturan (setting) > about devices > sofware update kemudian tekan check for updates.

Terkadang android diatur secara otomatis untuk melakukan up date, jika hal itu terjadi Anda dapat langsung mengunduhnya sehingga kinerja android Anda menjadi baru kembali. Namun, up date otomatis ini tidak ada di semua android kemungkinan hanya produk tertentu saja. Tetapi Anda tidak perlu berkecil hati, Anda dapat menginstal software android untuk melakukan up date OS.

[tie_index]Menghindari Penggunaan Animasi di Android[/tie_index]

Menghindari Penggunaan Animasi di Android

Saat ini banyak aplikasi yang menggiurkan pencinta android, salah satunya adalah penggunaan animasi di android, seperti wallpaper animasi di android. Nah, animasi yang seperti itu dapat melemahkan kinerja android Anda. Untuk mengatasinya yang pertama hindari penggunaan animasi di android Anda. Namun, jika Anda terlanjur menggunakannya Anda dapat mematikannya dengan cara ke setting > about phone lalu cari tekan systems.

Setelah Anda menemukan systems, tekan build number kemudian aktifkan mode developer. Jika Anda telah menemukan mode developer akan ada pilihan developer option dan carilah menu window animation scale, rubahlah menu tersebut secara berurutan maka animasi di android Anda akan nonaktif.

[tie_index]Mengembalikan Sistem Kerja Android ke Kondisi Baru atau Melakukan Factory Reset[/tie_index]

Mengembalikan Sistem Kerja Android ke Kondisi Baru atau Melakukan Factory Reset

Langkah terakhir untuk meningkatkan kinerja android Anda adalah dengan cara factory reset. Factory reset ini merupakan langkah paling akhir yang dapat Anda lalukan. Jika Anda telah melakukan factory reset artinya Anda telah melakukan reset keseluruhan serta menghapus aplikasi dan mengembalikan kondisi android seperti saat pertama kali membelinya. Cara ini dirasa ekstrim karena android Anda akan kembali kosong tanpa aplikasi dan data sehingga Anda harus menginstal ulang secara keseluruhan.

Cara ini dinilai cara paling ampuh namun konsekuensinya Anda harus menginstal ulang aplikasi dan kehilangan banyak data. Untuk menghindari hal tersebut, tipsnya adalah sebelum melakukan factory reset, sebaiknya Anda memindahkan data atau menyimpan di memory card.

Nah, 5 cara di atas adalah cara ampuh untuk meningkatkan kinerja android Anda agar lancar kembali dan bekerja tanpa hambatan. Anda dapat menerapkan dan melakukan cara tersebut. Namun, alangkah baiknya jika Anda menggunakan android Anda secara bijak.