fitur baru pada facebook

Setelah terdaftar sekitar 1,86 juta pengguna aktif bulanan pada akhir 2016, Mark Zuckerberg melanjutkan upayanya untuk menjadi platform yang paling beragam di internet. Ketika Facebook merayakan ulang tahun ke 13 pekan lalu, jelas bahwa visi Zuckerberg untuk perusahaannya sedang menuju arah baru. Berikut adalah enam perubahan yang dimasukkan ke dalam Facebook yang menggambarkan masa depan perusahaan.

[tie_index]Iklan video paruh-putar[/tie_index]

Iklan video paruh waktu

Video sangat populer di Facebook, dengan jumlah tayang menonton 100 juta jam video per hari pada awal tahun 2016. Video juga memiliki 135 persen jangkauan organik lebih besar dibandingkan dengan foto, membuat video menjadi gaya baru bagi publisher.

Untuk memanfaatkan popularitas yang berkembang saat ini, Facebook telah memutuskan untuk memonetisasinya dengan menambahkan iklan video paruh waktu. Fitur yang akan ditambahkan, memungkinkan pembuat konten dan pemasar untuk memasukkan iklan dalam video yang berdurasi lebih dari 90 detik. Iklan, yang akan ditampilkan kepada pengguna setelah mereka menonton 20 detik dari video, dapat disisipkan dalam konten video yang relevan dengan produk layanan yang diiklankan.

Menurut Recode, Facebook akan menjual iklan dan berbagi 55 persen dari seluruh penjualan dengan penerbit, pendapatan yang sama ditawarkan oleh YouTube, yang saat ini menjadi pemimpin pasar dalam iklan video online.

[tie_index]Siaran langsung melalui Komputer[/tie_index]

Siaran langsung melalui Komputer

Sejak diluncurkan beberapa bulan yang lalu, Facebook Live telah terbukti sangat populer di kalangan penggunanya. Fitur ini, yang memungkinkan pengguna untuk menyiarkan video langsung di situs dari ponsel atau kamera tablet mereka, sekarang akan tersedia di laptop dan desktop juga. Pembaruan ini memungkinkan pembuat video untuk melakukan streaming langsung ke Facebook dari browser web mereka. Fitur ini saat ini hanya tersedia untuk bisnis dengan Facebook Fans Page, bukan akun pribadi. Terlepas dari keterbatasan ini, Facebook mungkin memikat para blogger video dari YouTube karena mereka diberikan komunikasi langsung dengan pengikut mereka, yang dapat berinteraksi dengan komentar instan di video.

Baca Juga

[box type=”info” align=”alignleft” class=”” width=”100%”]

  1. Luncurkan Produk Baru, Ini Spesifikasi iPhone XS yang Harus Kamu Tahu!
  2. 4 Negara yang Mengakses Video Porno Terbanyak di Dunia
  3. 5 Kasus Developers Games Dunia

[/box]

[tie_index]Jurnalis Facebook[/tie_index]

Jurnalis Facebook

Situs media sosial telah menjadi tempat baru bagi pengguna untuk mendapatkan pembaruan berita dan Facebook adalah salah satu situs paling populer di grup ini. Menyadari status barunya sebagai perusahaan media, Facebook telah meluncurkan ‘Proyek Jurnalistik’, sebuah fitur yang bertujuan untuk berkolaborasi dengan media masa dan jurnalis untuk membuat artikel di Facebook.

Dalam pengumuman bulan lalu, Facebook merinci berbagai langkah yang akan diambil perusahaan untuk meningkatkan statusnya sebagai penyedia berita yang dapat diandalkan. Seiring dengan merintis cara baru untuk menceritakan Story (Langsung, 360, artikel instan), Facebook bertujuan untuk mengatur kemitraan dengan media masa dan penerbit terkemuka di seluruh dunia.

Perusahaan ini juga mengembangkan sejumlah tools dan fitur bagi wartawan untuk menemukan dan berbagi berita bersama dengan kursus e-learning untuk wartawan. Facebook juga mengumumkan pembaruan feed berita untuk mengatasi menghindari adanya berita hoax dan lainnya.

[tie_index]Messenger menjadi independen[/tie_index]

Aplikasi Messenger dipisahkan Dari Facebook

Setelah memisahkannya pada tahun 2015 (pengguna dapat mendaftar tanpa akun Facebook), facebook telah memperbarui aplikasi untuk memasukkan lebih banyak fitur dalam beberapa bulan terakhir. Messenger sekarang memungkinkan 1 miliar pengguna bulanannya untuk berpartisipasi dalam obrolan grup, mengirim dan menerima pesan SMS (hanya di Android), dan menambahkan kontak tanpa menjadi teman di Facebook. Messenger juga memungkinkan bisnis untuk membuat chatbot, yang sangat meningkatkan dan memudahkan komunikasi dengan pengikut tanpa perlu respon manusia.

[tie_index]Pembaruan umpan berita[/tie_index]

Pembaruan Feed

Pengguna Facebook semua menghadapi dilema umum – ada terlalu banyak informasi bagi siapa saja untuk dikonsumsi. Dengan setiap halaman, selebritas, dan grup disukai atau diikuti, muncul banyak posting yang tidak relevan di feed berita. Untuk mengatasi masalah ini, Facebook telah mengutak-atik feed untuk memprioritaskan posting dari keluarga dan teman tentang konten dari halaman dan penerbit. Selain itu, algoritme ini secara aktif mencatat aktifitas – dengan mencatat keterlibatan (suka dan komentar) dan penggunaan fitur seperti ‘tidak berhenti’, ‘lihat dulu’, dan ‘sembunyi’ – untuk menawarkan umpan berita yang dipersonalisasi dan unik kepada setiap pengguna.

[tie_index]Temukan Orang[/tie_index]

Temukan Orang

Facebook meluncurkan fitur baru khusus seluler yang disebut ‘Temukan Orang’, yang membantu pengguna terhubung dengan orang asing berdasarkan minat dan lokasi yang sama, bisa juga di pakai untuk mencari jodoh. Seorang pengguna dapat menemukan orang lain yang menghadiri acara yang sama, bekerja untuk perusahaan yang sama, milik kelompok yang sama, atau tinggal di wilayah yang sama. Beroperasi dengan cara Tinderesque, fitur ‘Discover People’ menunjukkan pengguna lain dalam format daftar dengan informasi individual yang ditampilkan berdasarkan pengaturan privasi pengguna. Pengguna yang ditemukan melalui fitur ini, yang belum tersedia untuk seluruh basis pengguna Facebook, dapat mengirim pesan, atau menambahkan sebagai teman.