Produk Advan hingga kini dikenal sebagai produk yang terbilang pemula dalam persaingan industri smartphone Indonesia dan global. Nyatanya, meskipun produk ini masih dibilang pemula, Advan sudah berada di kelas tinggi dalam pasar komputer Tablet Indonesia. Di sinilah kenapa Advan masih percaya diri untuk bersaing secara global dengan beberapa produk lain.

Seiring berjalannya waktu Advan perlahan-lahan mulai naik ke permukaan dalam brand nasional dengan meluncurkan beberapa produk smartphone nya yang dikatakan dalam kategori premium bagi Advan. Seperti produk Advan G2 dan A8 yang memiliki harga kisaran 2 jutaan rupiah contohnya. Namun Advan masih tetap mengasah pisaunya dalam menghadapi persaingan bisnis mobile, mengingat semakin banyak serangan produk berteknologi Internasional yang terus menyerbu pasar mobil Indonesia.

Perjuangan Advan di Pasar Mobile Global

Perjuangan Advan pun tak berakhir sia-sia. Karena hal ini dibuktikan dengan adanya data bahwa Advan menjadi merk nomor 1 dalam pasar komputer tablet. Data ini pun disampaikan oleh kuartal kedua International data Corporation (IDC) Indonesia di tahun 2017 kemarin. Hal perlu dibanggakan oleh masyarakat Indonesia, karena Advan adalah salah satu merk Indonesia yang mampu bersaing dengan merk luar negeri seperti samsung, Asus, Oppo, dan beberapa merk lainnya.

Di mana Advan masuk ke dalam daftar tiga besar brand smartphone terlaris di Indonesia dengan perolehan market share hingga 7,7%. Hal ini menunjukan statistik peningkatan dibandingkan tahun yang menunjukan persentase hanya 6,8%. Advan berada di posisi ketiga di bawah Samsung yang mencapai penjualan 31,8% dan Oppo yang berhasil mencapai 22,9%. Sedangkan yang di bawah Advan ada banyak sekali seperti Asus yang mencapai 6,5% dan Vivo yang hanya mencapai 6%.

Tak hanya pada pasar mobile, Advan pun jauh lebih unggul di pasar tablet. Di mana pada tahun 2017, Advan berhasil menguasai 60,8% pasar tablet Indonesia yang mencapai 700 ribu. Data ini disampaikan oleh IDC Indonesia kuartal dua 2017. Sangat unggul jauh dengan peringkat kedua, samsung (15,3%) dan Evercoss (11,8%).

Advan Mulai Naik ke Permukaan

Advan bisa sebesar ini dan naik jauh ke atas permukaan berkat suatu hal yang selalu diperhatikan oleh Advan. Hal tersebut adalah transformasi produk. Produk-produk Advan setelah kita cek, ternyata akhir-akhir ini sudah memiliki set of quality yang berkualitas. Bisa kita lihat dari sisi teknologi dan fitur yang dimilikinya seperti audio, desain tampilan, kamera, material, OS, baterai dan fitur lainnya sebagai pendukung smartphone ini.

Advan sendiri mengakui bahwa pergeseran Advan dari kelas pemula ke Flagship ini disebabkan adanya kebutuhan masyarakat yang semakin meluas terhadap kecanggihan smartphone. Seperti contohnya adalah masyarakat di jaman ini, sangat membutuhkan ponsel pintar yang mendukung adanya beberapa aplikasi dan spesifikasi yang berkualitas.

Advan si ponsel Made in semarang ini, secara teknologi tak sembarangan menggunakan teknologi. Contohnya seperti pada dual camera yang dipasang, di mana mampu menghasilkan foto yang berkualitas. Ditambah lagi masih bisa disentuh sedikit dengan beberapa aplikasi lain yang disediakan oleh Advan sendiri.

Seperti halnya pada Advan G2 yang memiliki fitur dan spesifikasi mumpuni. Di mana spesifikasi yang dimiliki Advan G2 ini mampu menandingi para kompetitor di kelasnya. Dengan mengandalkan fitur kamera selfie dan baterai berkekuatan besart, membuat smartphone ini menjadi ancaman serius bagi para pesaing di kelasnya, seperti Vivo V69, Samsung Galaxy J5 Pro, Xiaomi Redmi Note 5A, dan Oppo F5 Youth.