Semahal apapun ponsel kalau sudah lama digunakan tetap saja akan terasa lemot. Hal ini mungkin dikarenakan usia atau memang kualitas fiturnya. Nah, kita bisa menggunakan tips android dari daun media yaitu tips mempercepat kinerja android agar nyaman digunakan.

Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk mempercepat kinerja android kita. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita terapkan supaya android kita bisa digunakan dengan nyaman meskipun sudah berumur.

[tie_index]Hapus Aplikasi[/tie_index]

Hapus Aplikasi

Untuk mempercepat kinerja android, salah satu caranya adalah dengan menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan atau aplikasi yang tak perlu. Ya, seperti kita ketahui kalau semua android selalu terdapat beberapa aplikasi yang tak perlu atau aplikasi yang jarang kita gunakan sudah ada sejak awal kita beli.

Namun, sayangnya aplikasi tersebut tidak bisa kita hapus. Tapi, setidaknya kita bisa menonaktifkan aplikasi tersebut dengan cara setting > Apps. Cukup cari aplikasi yang jarang kita gunakan lalu pilih Uninstall atau Disable.

Kita pun juga bisa menggunakan aplikasi Files Go untuk uninstall aplikasi yang jarang kita gunakan.

[tie_index]Update Aplikasi[/tie_index]

Update Aplikasi

Kalau ada aplikasi yang meminta kita untuk melakukan pembaharuan, sebaiknya segera lakukan pembaharuan. Karena hal ini bisa meningkatkan performa kinerja aplikasi tersebut. Nah, kalau mau cek aplikasi mana saja yang perlu diperbaharui, cukup menuju setting lalu about phone dan klik system Update.

[tie_index]Launcher[/tie_index]

Launcher

Umumnya, launcher dari pabrikan dapat menurunkan kinerja android. Nah, salah satu cara mempercepat kinerja android, kita bisa menggunakan launcher yang ringan saja. Kita bisa menggunakan Google Now Launcher untuk launcher android kita.

[tie_index]Non-Aktif Bluetooth[/tie_index]

Non-Aktif Bluetooth

Secara tidak langsung, biasanya kita tak sadar kalau si ‘gigi biru’ ini ternyata aktif. Nah, untuk mempercepat kinerja android kita, kita perlu menon-aktifkan bluetooth android kita. Selain mempercepat kinerja android, kita juga bisa menghemat baterai android kita.

[tie_index]Update OS[/tie_index]

Update OS

Biasanya kita tak sadar kalau sistem android kita ternyata sudah jadul alias kadaluarsa. Nah, untuk mempecepat kinerja android, salah satu caranya adalah dengan cara update OS atau sistem operasi pada android kita. Cukup lari ke setting > About Device > Software Update > Check for updates.

Cara ini sama seperti cara pembaharuan aplikasi di atas. Jadi, cukup unduh dan pasang ke android kita agar kinerja android kita semakin cepat.

[tie_index]Matikan Animasi[/tie_index]

Matikan Animasi

Animasi pada ponsel kita adalah salah satu faktor yang mampu menurunkan kinerja android kita. Selain itu juga bisa membuat baterai ponsel menjadi boros alias cepat habis. Nah, untuk itu, kita perlu mematikan animasi pada android kita dengan cara lari ke setting > About Phone dan cari menu device information atau system.

Di dalam menu tersebut akan muncul build number. Klik kolom tersebut hingga 7 kali. Hal ini gunanya untuk mengaktifkan mode developer alias mode seperti keluaran pabriknya atau default.

Selanjutnya, kita menuju ke menu setting dan di sana akan muncul beberapa pilihan Developer option. Masuk ke menu tersebut dan cari kolom Window Animation Scale, Transition Animation Scale, dan Animation Duration Scael. Di sana akan ada angka 0,5x. Klik hingga menjadi off.

Nah, itulah beberapa cara mempercepat kinerja android kita meskipun sudah berumur. Jadi, nggak perlu khawatir lagi kalau android kita bakal lemot, meskipun sudah lama kita pakai. Jadi, tak perlu beli HP lagi bukan?