Halo sobat android! Jumpa lagi dengan kita yang bakal membahas tips mengelolah email di android. Tentunya di era yang serba canggih ini, orang mulai banyak yang beralih ke dunia maya. Sehingga tidak memungkiri kalau orang harus dan wajib memiliki alamat email. Karena hal itu sudah menjadi kebutuhan pokok kita sebagai manusia era modern ini. tak heran kalau mulai banyak orang juga yang memiliki banyak akun email, khususnya para blogger atau youtber yang penghasilannya dari internet.

Mengirim dan memeriksa pesan email mungkin adalah salah satu aktivitas yang sering kita lakukan akhir-akhir ini. apalagi hal tersebut dilakukan melalui android agar kita bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Entah itu untuk pekerjaan, informasi, atau berkomunikasi tentunya alamat email sangatlah penting bagi kita di era ini.

[the_ad_placement id=”in-article”]

Pertanyaannya? Apakah kita bisa mengelolah akun email kita dalam satu android? Berikut ini kita akan bahas bagaimana caranya mengelolah banyak akun email dengan android.
Sebenarnya mengatur dan mengelolah akun email yang kita miliki pada android sangatlah mudah dilakukan. Apalagi dengan hadirnya aplikasi Gmail yang sudah di-update sangatlah mendukung pengguna email untuk memudahkan pengguna dalam mengatur dan mengelolah alamat email yang dimiliki.

[tie_index]Dengan Aplikasi Gmail[/tie_index]

Dengan Aplikasi Gmail

Kita bisa menggunakan aplikasi bawaan android yaitu Gmail. Tapi pastikan aplikasi Gmail yang ada di android kamu adalah aplikasi Gmail yang sudah diupdate menjadi versi terbaru. Jika belum diupdate ke versi yang terbaru, kamu bisa melakukan update melalui Google Playstore.

Kenapa perlu update? Jika aplikasi Gmail sudah di-update, maka kamu sudah bisa menambahkan akun email yang kamu punya. Berbeda dengan aplikasi Gmail yang beli di-update. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Pilih menu dropdown di samping nama akun google mail;
  • Di sana kamu akan menemukan pilihan Add Account;
  • Kini kamu sudah bisa menambahkan akun Gmail kamu dengan cara ini menggunakan aplikasi Gmail terbaru.

Walaupun aplikasi ini bernama Google Mail atau Gmail, kamu juga bisa menambahkan akun email yang bukan dari Gmail seperti Yahoo mail, Outlook.com, AOL Mail, dan lainnya. Jadi, kamu bisa menggunakan alamat email apapun. Hal ini dikarenakan aplikasi gmail sudah bekerjasama sehingga bisa mengakses alamat email yang dari penyedia alamat email lainnya.

Tak hanya pada pengelolaan multi akun email, aplikasi Gmail juga memiliki banyak fitur seperti fitur quick actions yang mana gunanya untuk menjalankan beberapa jenis tindakan dengan memberikan tanda centang email yang kamu inginkan. Beberapa tindakan itu di antaranya adalah mengarsip, menghapus, menandai yang belum dan sudah dibaca, juga fitur lainnya.

Selain mengelolah, dengan aplikasi gmail kamu juga bisa melakukan sinkronisasi email yang terhubung dengan android. Dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pilih setting pada aplikasi gmail;
  • Pilih days of mail to sync;
  • Di sana kamu bakal diberi pilihan jumlah hari untuk melakukan sinkronisasi. Maka pada hari tertentu yang sudah kamu pilih akan secara otomatis melakukan cache memory alias memori data pesan yang banyak, sehingga kamu bisa membukanya pada saat offline tanpa jaringan internet.

[tie_index]Dengan Aplikasi Email[/tie_index]

Dengan Aplikasi Email

Kita bisa menggunakan satu aplikasi untuk mengelolah beberapa akun email yang kita miliki. Hal ini tentunya dapat memudahkan kita dalam penggunaan akun email kita sesuai dengan kebutuhan kita.

Kita akan memberikan informasi bahwa ada aplikasi selain aplikasi Gmail atau Google Mail yang fungsinya untuk mengakses dan membuka email. Bahkan aplikasi ini juga bisa mengakses beberapa akun email yang kamu miliki cukup dengan satu aplikasi saja. Apa sih aplikasi itu?

Aplikasi ini sudah bawaan dari android yang kamu miliki, yaitu aplikasi Email. Tentunya semua android sudah ada aplikasi ini. memang sangat jarang pengguna smartphone yang menggunakan aplikasi ini. padahal, kalau perlu diketahui bahwa aplikasi Email ini bisa digunakan untuk akses akun email dari support lain tak hanya akun gmail saja. Aplikasi ini juga bisa mengakses yang lainnya seperti yahoo mail, Aol mail, hotmail, dan beberapa email lainnya.

Ditambah lagi, aplikasi ini tak ada iklannya yang suka mengganggu pemandangan mata kita. Kita bisa integrasikan akun email yang kita miliki dengan aplikasi Email ini. berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Email pada android kamu;
  • Masukan alamat email dan password kamu;
  • Klik ‘berikutnya’;
  • Klik ‘selesai’; dan
  • Akun email kamu sudah terintegrasi dengan aplikasi Email.

Jika ingin mengelolah beberapa akun email dengan menggunakan satu aplikasi yaitu aplikasi email ini, kamu cukup menggunakan aplikasi Push Email yang juga bawaan android. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Klik menu pada pojok atas dengan tiga garis putih;
  • Pilih Pengaturan atau setting;
  • Klik tambah akun;

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk melakukan pengelolaan akun email menggunakan aplikasi pada android?