ios 12

Pada bulan juni 2018 Apple resmi merilis versi final ios 12 di WWDC 2018 San Jose, California. Selain meningkatkan performa, iOS 12 juga membawa fitur-fitur baru dengan pembaharuan dalam Messages, Photos, Notification, Siri, Screen Time dan Face Time. Dilansir dari Apple.com, tim Dame (Daun Media) akan berbagi 11 update dan fitur menarik di ios 12.

[tie_index]Performance upgrade[/tie_index]

Performance upgrade iOS 12

Aplikasi dibuka lebih cepat dalam penggunaan sehari-hari. Dan saat Anda menguji perangkat iOS hingga ke batasnya, yakni multitasking dengan banyak aplikasi, semuanya dibuka hingga 2x lebih cepat. Perangkat iPhone tertua yang kompatibel dengan iOS 12 adalah iPhone 5S. Sedangkan perangkat iPad tertua yang kompatibel dengan iOS 12 adalah iPad mini 2. Dalam pengujiannya menggunakan iPhone 6 Plus yang menjalankan iOS 12, Apple bilang bahwa aplikasi Camera dapat dibuka 70% lebih cepat, keyboard muncul 50% lebih cepat, dan mengetik pun juga diklaim lebih responsif. Apple tak lupa menambahkan bahwa secara keseluruhan loading aplikasi di iOS 12 bisa lebih cepat sampai dua kali lipat.

[tie_index]Group FaceTime[/tie_index]

Group FaceTime

Group Facetime memungkinkan 32 orang untung bergabung untuk melakukan video call. Yang patut disoroti adalah ketika seseorang dalam video call mulai berbicara, foto orang tersebut akan semakin besar di layar pengguna.

[feed url=”https://www.daunmedia.com/feed/” number=”5″]

Peserta Group Facetime dapat ditambahkan kapan saja, bisa di tengah-tengah saat video call masih berlangsung. Peserta Group Facetime bisa menggunakan iPhone, iPad, maupun iMac. Peserta juga bisa menampilkan suara saja dalam Facetime melalui Apple Watch.

[tie_index]Memoji[/tie_index]

Memoji

Bagi pengguna perangkat iPhone baru yang sudah menggunakan Face ID, salah satu fitur paling menarik di iOS 12 adalah Memoji. Fitur ini adalah pengembangan lebih lanjut dari Animoji di iOS 12. Bedanya adalah Memoji akan memberikan kebebasan pengguna untuk membuat desain sendiri dari detail tampilan seperti gaya rambut, kumis, kacamata, warna kulit dan beragam detail lainnya.

[tie_index]Screen Time[/tie_index]

Screen Time

Screen Time dapat membantu kamu mengelola waktu penggunaan perangkat gadget. Kamu bisa melihat secara detail durasi penggunaan iPhone untuk bermain games, sosial media atau kegiatan lainnya dan mengatur App Limit jika diperlukan.
Sesuai namanya, App Limit adalah cara membatasi akses aplikasi berdasarkan kategori yang bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna. Misalkan kamu membatasi akses aplikasi dengan kategori sosial media selama 3 jam saja dalam setiap harinya. Fitur ini juga bisa berlaku untuk pengguna dalam lingkup keluarga. Yaitu memantau penggunana perangkat iOS oleh anak dan membatasi akses kategori aplikasi tertentu.

[tie_index]Group Notifications[/tie_index]

Group Notifications

Kumpulan pemberitahuan atau notifikasi di iOS 12 kini tampil lebih rapi dan mudah dibaca. Setiap sebuah aplikasi menampilkan lebih dari 3 pemberitahuan, iOS 12 akan langsung mengumpulkan dalam sebuah susunan yang dapat kamu tekan dan melihat semuanya dengan lebih detail. Kamu juga bisa menekan sekali lagi di bagian Show Less untuk menumpuk notifikasi tersebut agar kembali rapi.

[tie_index]Do Not Disturb[/tie_index]

Do Not Disturb

Fitur Do Not Disturb mendapatkan 2 mode baru: Do Not Disturb During Bedtime dan Do Not Disturb 1 Hour di Control Center. Mode Do Not Disturb During Bedtime berlaku untuk pengaturan di malam hari atau waktu yang kamu pilih agar tidak ada notifikasi yang tampil di layar. Selain itu layar juga dibuat lebih redup dan ada notifikasi

[tie_index]ARKit 2[/tie_index]

ARKit 2

Melanjutkan jejak ARKit 1.5 yang dirilis bersama iOS 11.3, ARKit 2 terus menyempurnakan pengalaman augmented reality yang bisa dinikmati pengguna iOS 12. Yang paling utama, konten AR di iOS 12 dapat dinikmati secara multiplayer, kurang lebih mirip seperti yang dihadirkan ARcore 1.2 di android
Kemudian yang tidak kalah unik adalah format file baru khusus AR bernama usdz hasil kolaborasi antara Apple dan Pixar. Berkat usdz, konten AR pada dasarnya bisa diakses secara langsung dari berbagai aplikasi seperti Safari, Messages, Mail maupun News.
Masih seputar AR, iOS 12 turut menghadirkan aplikasi bawaan baru bernama Measure, yang berfungsi untuk mengukur dimensi beragam objek nyata di sekitar pengguna. Sebelum ini sebenarnya sudah ada beberapa aplikasi serupa di App Store dari developer pihak ketiga, tapi setidaknya untuk pengukuran yang sederhana kita bisa mengandalkan aplikasi bawaan ini saja.

[tie_index]Security[/tie_index]

Security

iOS 12 juga menawarkan keamanan yang lebih kuat. Tahun lalu iOS 11 memperkenalkan machine learning Intelligent Tracking Prevention di Safari.

Intelligent Tracking Prevention yang bisa mengidentifikasi pengiklan atau seseorang yang melacak web browsing dan menghapus sistem pelacakan yang mereka gunakan.

Intelligent Tracking Prevention mengalami peningkatan. iOS 12 bisa memblokir tombol atau widget seseorang agar tidak mampu melacak pengguna di situs web.
Tombol Like, Share, atau Comment sering disematkan seseorang di media sosial, padahal tombol itu bisa digunakan untuk melacak web browsing pengguna.

[feed url=”https://www.daunmedia.com/feed/” number=”5″]

[tie_index]Siri[/tie_index]

Siri

(AI) Siri bisa menyarankan tindakan-tindakan yang tepat, misalnya untuk memesan kopi pada pagi hari atau untuk memulai olahraga pada sore hari. Pengguna bisa melakukan penyesuaian Siri Shortcut dengan membuat voice command sederhana untuk memerintahkan Siri. Atau menggunakan ketukan sederhana di layar perangkat untuk memerintahkan Siri melakukan serangkaian tindakan dari berbagai aplikasi.

[tie_index]Battery Information[/tie_index]

Battery Information

Tampilan informasi Battery di iOS 12 juga mendapatkan wajah baru. Fitur ini sekarang tampil kian detail dengan hitungan penggunaan baterai setiap jam dan juga akumulasi penggunaan baterai selama 10 hari. Kamu bisa melihat dalam setiap jam, aplikasi apa saja yang paling banyak menggunakan baterai atau penggunaan baterai selama rata-rata 24 jam terakhir. Mode grafik Battery Level serta Activity tampiln dalam grafik batang yang bisa kamu tekan dan membatasi tampilan informasi penggunaan baterai dalam durasi setiap jam.

[tie_index]Photos[/tie_index]

Photos

Aplikasi Photos di iOS 12 membawa satu tab baru berlabel “For You” yang menggabungkan Memories beserta iCloud Shared Albums. Fitur pencarian juga diklaim lebih cerdas di Photos untuk iOS 12, serta yang tidak kalah menarik adalah fitur sharing suggestion, yang sangat berguna untuk saling bertukar koleksi foto yang diambil selama beraktivitas bersama teman atau keluarga.