android cepat panas

Banyak yang menanyakan kenapa sih android cepat panas? Mungkin hal ini sering kita alami ketika kita bermain game, dipakai dalam waktu lama, atau yang lainnya. Padahal yang terpenting dalam hal ini adalah gejala dan cara mengatasinya. Hp mahal sekalipun masih banyak yang mengeluhkan soal ini.

Hampir setiap pengguna android memiliki keluhan android cepat panas. Jadi, tak heran kalau banyak orang yang selalu mencari di internet tentang cara mengatasi android cepat panas.

Sebenarnya android cepat panas itu adalah hal wajar pada setiap gadget. Hal ini pun bukan hanya berlaku pada android saja, melainkan juga pada sistem Iphone maupun Windows. Salah satu penyebab android cepat panas adalah penggunaan baterai. Ketika terus menerus menggunakan handphone, maka kita sering menggunakan baterai sehingga android pun cepat memanas dan daya baterai lebih cepat habis dari biasanya. Penggunaan baterai ini bisa saja terjadi ketika kita melakukan panggilan, GPS, video, game, atau aktivitas lainnya.

Baca juga: Tips Merawat iOS 11

Daripada kebanyakan basa-basi, langsung saja deh, yuk simak tips dan trik cara mengatasi android cepat panas ala DaunMedia.

Menutup Aplikasi

Banyak orang yang mengira ketika klik tombol home sudah dianggap menutup aplikasi dan bisa mengemat baterai. Padahal ketika Anda klik tombol home, aplikasi tersebut masih berjalan alias tidak tertutup.

Jadi, solusi android cepat panas yang pertama adalah menghemat daya baterai dengan menghentikan atau menutup aplikasi yang sudah tidak terpakai. Ingat, jika ada aplikasi yang masih ada di latar belakang android, maka artinya aplikasi tersebut belum tertutup atau terhenti. Sehingga tak heran, jika baterai kamu cepat habis atau android cepat panas. Karena penggunaan android yang berlebihan membuat suhu android cepat naik.

Baca juga: Fitur 3D Post FB

Menginstal Aplikasi yang Penting

Menginstall aplikasi yang penting adalah menggunakan aplikasi yang diperlukan atau dibutuhkan saja. Karena jika gadget kita terdapat banyak aplikasi, maka bisa menyebabkan android cepat panas. Ya, meskipun akhir-akhir ini banyak para vendor mobile yang meluncurkan ponsel dengan multitasking sebagai fiturnya, atau RAM yang besar, namun tetap saja android cepat panas jika dibiarkan tanpa perawatan. Hal ini dikarenakan adanya potensi overheat pada ponsel kita. Bahkan, selain overheat atau panas, hp bisa saja hang karena aplikasi yang terlalu banyak.

Mengganti Baterai

Jangan salah, bahwa baterai adalah komponen tambahan bagi ponsel. Bahwa sebenarnya baterai bisa menjadi komponen utama bagi hp. Salah satu penyebab android cepat panas adalah baterai yang sudah rusak. Biasanya baterai yang sudah rusak ini ditandai dengan beberapa gejala seperti baterai drop atau turun naik tidak jelas, suka mati mendadak, dan lain sebagainya. Jadi, untuk mengatasi android cepat panas salah satunya adalah dengan mengganti baterai kamu. Karena bisa jadi penyebabnya adalah baterai kamu yang sudah berumur alias sudah rusak. Ingat, baterai yang rusak bisa menularkan kerusakan pada komponen hp lainnya.

Mematikan Koneksi Jika Perlu

Hal yang sering terjadi pada kita adalah tidak mematikan koneksi data internet kita, padahal sedang tidak digunakan. Perlu diingat bahwa koneksi data yang hidup akan terus mencari dan menerima sinyal. Tanpa kita sadari, bahwa hal tersebut bisa memakan banyak daya baterai yang akan membuat android cepat panas.

Baca juga: Kekalahan Timnas U19 Indonesia

Jadi, solusinya adalah dengan mematikan koneksi data internet ponsel kamu ketika sedang tidak digunakan. Hal ini bisa kamu lakukan ketika kamu sedang dalam perjalanan atau sedang tdur. Nah, ada tips selanjutnya yaitu mematikan koneksi data ketika kamu sedang menggunakan wifi. Sehingga penggunaan daya baterai pun tidak termakan terlalu banyak karena koneksi data internet.

Menggunakan Baterai Original

Akhir-akhir ini mulai banyak ponsel yang menggunakan sistem baterai tanam. Nah, produk ini sangat disarankan untuk ponsel mana saja, jika baterai sudah mulai terasa drop, maka sebaiknya segera membeli baterai baru yang original. Ingat, belilah baterai yang ori. Meskipun harganya mahal, tapi kualitasnya tak diragukan lagi. Sehingga selain kamu mengatasi android cepat panas kamu juga bisa hemat biaya karena tidak terlalu sering mengganti baterai.

Menjauhkan Dari Panas

Bisa juga ponsel cepat panas bukan faktor internal, namun bisa juga karena lingkungan yang panas sebagai faktor eksternal. Jadi, sebaiknya kamu hindarkan handphone kamu dari lingkungan yang panas atau jangan biarkan ponsel kamu berada di bawah terik matahari langsung. Selain itu, jangan letakan ponsel kamu dekat dengan benda-benda yang bisa memanas seperti laptop, televisi, kulkas, atau benda-benda lainnya yang bisa mengandung panas.

Baca juga : Top Skor Liga Itali

Nah, itulah beberapa cara mengatasi android cepat panas. Lakukan tips dan trik di atas dengan benar supaya kamu bisa lebih awet dalam menggunakan ponsel. Dengan menggunakan ponsel yang bijak, maka kita pun bisa lebih awet dalam menggunakan handphone.