Persaingan antara Vivo dan Oppo mungkin jika dibicarakan tidak akan ada habisnya. Seperti halnya peluncuran produk terbaru milik Vivo yang dirilis di waktu yang sama dengan peluncuran produk terbaru Oppo, yaitu Oppo R15. Produk terbaru Vivo adalah Vivo X21 yang mana tentunya merupakan smartphone android yang tak kalah keren. Tentunya Vivo X21 yang sebagai generasi terbaru tampil lebih segar dari seri X20, apalagi tambahan fitur sensor sidik jari di layar. Fitur ini merupakan fitur pertama kali yang dimiliki oleh smartphone Vivo.

Kabarnya, Vivo X21 mulai menampakan dirinya di aplikasi benchmark AnTuTu, yang mana kemunculan produk ini tidak memerlukan waktu yang lama, yaitu tidak lebih dari 24 jam untuk bisa berada di GeekBench. GeenkBench telah mengkonfirmasi Vivo X21 bahwa produk tersebut telah dibekali chipset Snapdragon 660 juga kapasitas RAM besar yaitu 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Layarnya pun memiliki resolusi 2280 x 1080 px. Perlu diketahui, bahwa Vivo X21 ini berhasil merenggut skor 143707 di aplikasi AnTuTu Benchmark.

Benchmark AnTuTu mengatakan bahwa Vivo X21 akan menyandang chipset Snapdragon 660 dan grafis GPU Adreno 512. Selain itu, Vivo X21 juga memiliki sitem operasi android 8.1 Oreo.

Pabrikan China ini tidak punya pilihan lagi, selain harus kembali ke chip yang sama dengan flagships terakhir. Hal ini dikarenakan tidak adanya chipset Qualcomm baru pada kategori mid-range yang lebih kuat daripada Snapdragon 660.

Seri Vivo X21 ini juga memiliki varian teknologi yang sama yaitu X21 UD dengan mengadopsi spesifikasi yang sama dengan varian standar. Kabar lain juga memberitakan bahwa Vivo X21 akan hadir dengan prosesor Snapdragon 670 dengan olahraga 660 SoC. Gadget ini telah hadir dengan berbagai varian salah satunya adalah pemindai sidik jari di bawah layar.

Berbeda dengan X21 UD, di mana X21 standar telah memiliki sensor sidik jari konvensional yang berada di bagian belakang perangkat. Bagian depannya terdapat layar 6,28 inci dengan resolusi 2280 x 1080 piksel juga rasio lebih tinggi yaitu 19:9. Hal ini dikarenakan Vivo ingin mengakomodasi poni seperti iPhone X. Anda bisa membongkar dalaman Vivo X21, di mana di sana terdapat chipset Snapdragon 660 yang duduk santai di samping RAM jumbo 6GB dan dua opsi memori yaitu 64 GB dan 128 GB.

Produk ini pun resmi beredar di pasaran mobile dan internet untuk dijual. Render tersebut telah memperlihatkan penampakan Vivo X21 dan bagian depannya akan memberikan kesan penampilannya yang menawan dengan bezel samping X21 yang cukup tipis, walaupun bezel bagian bawahnya tampak sedikit tebal.

Dengan adanya spesifikasi Android 8.1 membuat Vivo mengalami perubahan yang cukup signifikan. Bahkan, ketika diuji patokan, Vivo X21 UD ini berhasil mencetak 1608 poin di dalam uji single core dan untuk uji multi-intinya berhasil mendapatkan 5852 poin.

Sekarang kita lihat bagian belakangnya, bahwa Vivo X21 ini juga memiliki 2 kamera belakang dengan resolusi 12 MP + 5 MP. Tak hanya bagian belakangnya saja yang terdapat dua kamera, melainkan bagian depannya pun juga dibekali 2 kamera dengan resolusi yang lebih tinggi yaitu 12MP + 12MP. Di mana gadget ini sangat cocok untuk perkembangan teknologi anak muda jaman sekarang, yaitu yang gemar selfie. Selain itu, bagian kamera depannya juga dibekali teknologi kecerdasan buatan dan Rubiks Cube.

Untuk desain gadget Vivo X21 ini adalah berupa desain notch yang sangat memikat di atas layar handphone. Namun sayangnya, sampai sekarang masih belum ada kabar yang pasti berapa nominal harga yang akan dibanderol untuk harga gadget Vivo X21 ini. walaupun sebenarnya sudah diumumkan melalui peluncuran kemarin (Senin, 19 Maret 2018).

Di peluncuran produknya, Vivo memiliki kesempatan untuk memperkenalkan kepada masyarakt dan pasar gadget tentang teknologi asisten virtual barunya, yaitu Jovi. Di mana Jovi merupakan teknologi asisten yang dapat membantu segala kebutuhan dari pengguna saat mengoperasikan perangkat.

Jika dipoles lebih halus lagi, bahwa Vivo X21 ini telah dibekali FunTouch OS 4.1 dan konektivitas yang disempurnakan adnya 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Dual-band Wi-Fi (2x2MIMO), dan Bluetooth v5. Ada tiga pilihan warna kulit untuk gadget yang satu ini, yaitu aurora white, drill black, dan ruby red. Namun, untuk produk X21 UD hanya ada dua opsi pilihan warna yaitu Drill black, dan ruby red.

Memang belum ada kabar yang pasti mengenai harga untuk produk baru ini, namun sedikit bocoran dari peluncuran kemarin, bahwa Vivo X21 telah dibanderol dengan harga $ 458 USD hingga $ 568 USD. Dan jika tidak ada hambatan, produk ini akan mulai beredar di pasaran dari tanggal 24 Maret 2018 di Tiongkok.