Perkembangan Teknologi, Manusia merupakan makhluk yang sempurna karena dianugerahi akal dan nafsu. Ditambah lagi manusia telah dibekali amanah untuk menjadi khalifah atau pemimpin di muka bumi dengan diberi kebebasan untuk memanfaatkan dan menggunakan fasilitas apa saja yang ada di bumi. Namun, hal itu tidak boleh sembarangan digunakan, sehingga harus digunakan sebaik mungkin.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat memberikan dampak besar akan pola hidup manusia yang semakin terlihat. Seperti halnya pada pola hidup berkomunikasi yang merupakan kegiatan sehari-hari. Dulu, internet adalah suatu teknologi yang dianggap ‘wah’ oleh semua orang. Berbeda halnya dengan sekarang yang mana internet menjadi hal yang umum bagi semua orang, karena semua orang bisa memiliki dan menggunakannya. Ditambah lagi adanya jejaring sosial atau media sosial yang mana memiliki prinsip, ‘menjauhkan yang dekat’. Sehingga semua orang dari seluruh pelosok dunia, dapat terhubung dan berkomunikasi. Walaupun yang sebenarnya masih ada beberapa orang yang menggunakannya terlalu berlebihan dan tidak dimanfaatkan untuk kejahatan.

Padahal, internet atau media sosial ini memiliki dampak positif dan negatif. Tergantung kita yang menggunakannya. Jika kita bisa menggunakan dengan biak, maka kita merasakan dampak positifnya, dan sebaliknya, jika kita tidak bisa memnafaatkaannya, maka kita akan mendapatkan dampak negatifnya dari penggunaan internet dan media sosial.

Aktivitas Menjadi Efektif

Di mana pun dan kapanpun kita berada, kini kita bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan semua orang berkat adanya perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi. Inilah salah satu dampak positif dari dari penggunaan dan perkembangan teknologi informasi.

Perkembangan teknologi informasi ini bisa kita lihat dari berkembangnya kecanggihan smartphone yang semakin pesat. Ditambah lagi semakin besar daya saing dalam dunia pasar gadget. Ya, tentunya ada hal yang negatif dari perkembangan teknologi informasi dan berkembangnya dunia smartphone. Memang mendekatkan yang jauh, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa menjauhkan yang dekat. Karena terlelu fokusnya dengan orang-orang di dalam dunia maya, maka orang sulit berinteraksi dan berjabat tangan dengan orang yang terdekatnya.

Namun hal ini perlu kita perhatikan. Sehingga kita bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin baik. Sehingga kita bisa merasakan dampak positif dari perkembangan teknologi informasi dengan memanfaatkan teknologi sebaik mungkin.

Di era globalisasi ini, manusia semakin berlomba-lomba dalam mengembangkan teknologi dengan menciptakan hal-hal yang baru dan berinovasi dalam perkembangan teknologi. Dengan adanya perubahan-perubahan besar juga memperhatikan keefektifan dan fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Manusia yang dianugerahi akal akan selalu menciptakan alat teknologi yang semakin canggih yang bisa dimanfaatkan manusia dalam keefektifan dan memudahkan kehidupan sehari-hari. Seperti halnya memudahkan informasi di zaman modern ini.

Dampak Perkembangan Teknologi

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat di era ini, semakin besar pula pengaruh yang didapatkan salah satunya adalah budaya. Dengan begitu, inilah penyebabkan kenapa suatu negara mempertahankan dan mendukung penuh adanya perkembangan teknologi untuk negara, peradaban, dan budaya.

Berbicara soal perkembangan teknologi, tidak akan ada habisnya. Karena bulan demi bulan, tahun demi tahun, pasti teknologi selalu mengalami perkembangan, yang mana memiliki tujuan untuk mencapai tujuan dalam menciptakan teknologi yang semakin mutakhir dan mampu membawa perubahan besar pada manusia.

Zaman ini sudah bisa disebut sebagai zaman modernisasi dengan diiringi zaman globalisasi. Modernisasi ini merupakan ilmu sosial yang merujuk pada bentuk transformasi dari keadaan yang jauh dari harapan manusia.

Handphone, tablet, gadget, smartphone dan lain sebagainya merupakan alt komunikasi yang sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Tentunya, di era ini, semua orang memiliki handphone tidak menutup kemungkinan memiliki smartphone. Karena dengan adanya alat komunikasi tersebut, semua orang bisa mengakses, berkomunikasi, dari seluruh penjur dunia. Untuk itu, kita sebagai manusia cerdas, dituntut untuk memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Agar kita tidak bilang sebagai manusia yang GAPTEK alias Gagap Teknologi.

Tentunya, perkembangan teknologi memberi dampak positif yang sangat besar bagi kita, manusia. Di antaranya adalah :

  1. Mendapatkan dan Tukar Informasi yang bisa di mana saja dan kapan saja,
  2. Memudahkan aktivitas sehari-hari,
  3. Kegiatan menjadi lebih efisien dan efektif,
  4. Sistem pendidikan yang juga terbantu dengan adanya teknologi informasi pendidikan yang pesat, dan lain sebagainya.

Adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, membuat beberapa perusahaan teknologi selalu bersaing dalam melakukan perubahan dan menaikan pasarnya. Dan kita sebagai konsumen atau penggunanya, cukup menikmati hasil saing mereka yang selalu bersaing dalam mengembangkan teknologinya. Karena, semakin lama, jika ada yang menciptakan teknologi yang semakin baik, maka akan terus ada saja orang yang berusaha menciptakan alat teknologi yang lebih baik lagi, dan seterusnya. Itulah sebabnya kenapa perkembangan teknologi tidak akan ada habisnya, alias tanpa ujung.