fitur 3d post facebook

Setelah kita membahas Tips iOS 11 di artikel sebelumnya, kini daunmedia bakal melanjutkan informasi ke versi selanjutnya yaitu Tips iOS 12 untuk iPhone dan iPod. Kita pun perlu mempelajari berbagai fitur terbaru pada iOS agar kita bisa memanfaatkan ponsel kita sebaik mungkin. Langsung saja deh, simak tips dan trik berikut.

Memperbarui iOS

Jika ponsel atau iPhone kamu masih di versi iOS 11, sebaiknya segera update ke iOS 12 agar kamu bisa lebih memanfaatkan iPhone atau iPod kamu dalam menjalani aktivitasmu. Dengan meperarui iOS, maka kamu bisa menggunakan iPhone dan iPod jauh lebih cepat, responsif, dan menyenangkan.

Selain itu, kamu bakal memiliki iPhone, iPad, dan iPod touch yang lebih handal, personal, dan semakin smart dari sebelumnya. Jadi, dapatkan pembaruan iOS segera pada ponsel kamu segera.

Mencadangkan iPhone, iPad, dan iPod

Sebelum memperbarui iOS, sebaiknya kamu cadangkan dulu Phone, iPad, dan iPod kamu. Dengan begitu, kamu akan tetap memiliki salinan informasi yang bisa kamu gunakan kalau ponsel kamu tiba-tiba hilang atau rusak mati total.

Dalam Mencadangkan iPhone, iPad, atau iPod pun ada dua pilihan yaitu mencadangkan dengan iCloud atau dengan iTunes.

Mencadangkan iPhone, iPad, dan iPod dengan iCloud

Untuk mencadangkan iPhone, iPad, dan iPod dengan iCloud, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sambungkan terlebih dahulu perangkat dengan WiFi;
  2. Silahkan menuju Pengaturan > [nama kamu], klik iCloud;
  3. klik Cadangan iCloud;
  4. klik Cadangkan Sekarang;
  5. Pastika jaringan tetap tersambung sampai proses pencadangan selesai.

Kalau kamu belum yakin apa datamu sudah berhasil dicadangkan atau belum, kamu bisa cek ke Pengaturan > [nama Kamu] > iCloud > Cadangan iCloud. Nanti di bawahnya akan ada tulisan tanggal dan waktu pencadangan terakhir. Di situ kamu bisa cek.

Kamu juga bisa setting pencadangan secara otomatis di iCloud setiap harinya. Berikut ini adalah cara settingnya.

  1. Aktifkan Cadangan iCloud di Pengaturan;
  2. Pastikan juga perangkatmu tersambung dengan jaringan WiFi;
  3. Kunci Layar ponselmu;
  4. Terakhir, pastikan bahwa ruang iCloud masih tersediia. Biasanya kamu bakal dapat ruang 5GB gratis. Jika ingin lebih kamu bisa membelinya di situs resmpi Apple yang mana terdapat pilihan kapasitas ruang hingga 50 GB dengan harga USD 0,99 per bulannya.

Mencadangkan iPhone, iPad, dan iPod dengan iTunes

Untuk mencadangkan iPhone, iPad, dan iPod dengan iTunes, kamu bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pastikan dahulu kalau iTunes kamu sudah diperbarui ke versi terbarunya sebelum melakukan pencadangan;
  2. Buka Tunes kamu dan sambungkan ponselmu ke PC;
  3. Biasnya kamu akan diminta untuk memasukan kode sandi perangkat. Kamu tinggal ikuti lankah demi langkah yang tertera di layar PC;
  4. Silahkan pilih iPhone, iPad, atau iPod sesuai tipe perangatmu.
  5. Kalau kamu ingin menyimpan data aktivitas perangkatmu, cukup melakuka enkripsi cadangan denga mencentang kotak enkripsi cadangan. Di situ, akan diminta untuk membuat sandi, bualtah sandi sesulit mungkin dan mudah kamu ingat. Catatan Penting: Tulislah sandi di tempat yang aman. Karena bisa jadi kamu bisa lupa dengan sandimu sendiri. Ingat, kamu sangat memerlukan sandi tersebut untuk memulihkan iTunes kamu.
  6. Jika tidak ingin enkripsi cukup klik Cadangkan Sekarang;
  7. Jika proses pencadangan selesai, maka akan ditunjukan dengan kata ‘berhasil’ atau ‘success’ di layar PC.

Install iOS 12

Jika kamu sudah selesai melakukan pencadangan, saatnya kamu memperbarui versi iOS kamu menjadi iOS 12 dengan cara install iOS 12 ke iPhone, iPad, atau iPod kamu. Hal ini bisa kamu lakukan secara nirkabel. Atau kamu juga bisa melakukannya dengan menggunakan iTunes sehingga kamu bisa mendapatkan pembaruan versi iOS terbaru secara otomatis.

Install iOS 12 secara Nirkabel

Jika di perangkatmu muncul pembaruan sudah tersedia, maka kamu bisa melakukan install atau pembaruan iOS secara nirkabel. Tinggal klik Install Sekarang, dan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sambungkan perangkat dengan WiFi;
  2. Buka Pengaturan > Pembaruan Perangkat Lunak;
  3. Klik Unduh dan Install. Jika memori perangkatmu tidak cukup, maka biasanya kamu akan diminta untuk melakukan penghapusan aplikasi sementara dan akan diinstall ulang kembali setelah pembaruan selesai. Kamu tinggal pilih Lanjutkan atau Batal.
  4. Nanti kamu akan diminta untuk memasukkan kode sandi.
  5. Tunggulah dan pastikan jaringan internet lancar saat proses pembaruan sampai selesai.

Memperbarui Secara Otomatis

Kamu juga bisa memperbarui perangkatmu ke iOS versi terbarunya dengan melakukan pembaruan secara otomatis. Cukup buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Pembaruan Otomatis. Perangkatmu nantinya akan diperbarui secara otomatis ke versi iOS terbaru ketika perangkatmu terhubung dengan WiFi. Mungkin nanti akan ada beberapa fitur yang perlu diinstal secara manual ketika pembaruan otomatis.

Nah, itulah salah satu tips iOS 12 agar perangkatmu tetap up to date, yaitu dengan memperbarui versi iOS dan mencadangkan data perangkatmu. Simak terus artikel di daunmedia agar kamu bisa mengetahui tips iOS lainnya.